Headline Hari ini

MYSQL Connector

Bagi anda yang belum tau menggunakan database Mysql di VB.NET, alangkah baiknya membaca tutorial ini. Pada VB.net dari awal sampai rilis terakhir telah banyak mendukung Framework - framework luar. maksudnya tanpa menggunakan Framework yang terdapat di VB.net sendiri, kita juga dapat menggunakan Framework pendukung untuk koneksi ke database selain bawaan Microsoft. selain SQL server 2005 yang mendukung VB.net, MYSql juga dapat digunakan didalam VB.Net. bagaimana caranya? itu yang akan kita pelajari.

MYsqlConnector?

Mysql connector merupakan Frame work khusus yang dibuat oleh MYsql sendiri yang dapat mendukung VB.Net atau pun pemograman lain. Dengan menggunakan Mysql Connector kita dapat menghubungkan Mysql Database di VB.Net dengan memanggil framework yang telah ada. tapi sebelumnya anda wajib menginstall Mysql connector di komputer anda, sebelum Mysql dapat di panggil pada VB.Net.

Gunain MYsql Connector?

Cara menggunakan MYsql COnnector pada VB.Net (setelah anda melakukan penginstalan Mysql connector dan Framework 2.o)anda hanya perlu memanggil file dll nya pada direktori dimana MYsql Connector anda install. setelah semuanya berjalan dengan baik tanpa ada pesan kesalahan (error) anda sudah dapat menggunakan Mysql Database. Yang perlu anda lakukan setelah Include Mysql connector adalah memanggil fungsi Import Mysql.DataClient (Kalau nggak salah seperti itu).sebagai contoh :

Import Mysql.dataclient

kemudian pada variabel untuk melakukan koneksi kedalam database kita gunakan seperti ini :

Dim conn As New mysqlconnection

nah sekarang yang perlu anda lakukan adalah membuat mencoba koneksi yang anda lakukan tadi.

dim conn as new Mysqlconnection


conn.connectionstring="server =localhost;" _
& "user id=root;" _
& "password=password;" _
& "Driver={driver yang digunakan jika Odbc kita menuliskan MysqlODBC 3.51 Driver};" _
& "database=test"

Try
conn.open()
MessageBox.Show("Koneksi Berhasil pake Mysql", "Belajar VB.NET", MessageBoxButtons.OK)

Finally
conn.Dispose()
End Try

untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada Mysql connector Help didalam startmenu program. Mysql connector Help. Mysql connector mendukung Mysql reader, Mysql command dan lain2. Anda dapat menerapkan penggunaan nya di C# atau Jsharp. Referensi yang bagus dapat dicari di google dengan kata kunci "Mysql connector for VB.Net" atau
"Mysql connector koneksi Ke VB.net". ada juga referensi yang saya anjurkan membeli buku karangan didik dwi prasetyo, disitu dibahas penggunaan Mysql Connector di VB.Net. untuk mendukung kinerja anda dalam mencoba Mysql Connector dapat di download di sini
READ MORE - MYSQL Connector

Share it!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Butuh Jasa Ini ?