Headline Hari ini

Ceroboh! Pasien Meninggal Karena Salah Operasi, Hatinya Dikira Ginjal!


img
Amy Francis 
Nyawa seorang pasien di Inggris harus melayang gara-gara seorang dokterbedah salah mengenali organ. Ketika harus mengeluarkan ginjal yangrusak karena digerogoti kanker, yang terpotong justru hatinya yangsebenarnya baik-baik saja.

Nasib malang ini dialami oleh AmyFrancis (77 tahun), seorang janda asal Newport, Inggris. Ia didiagnosismengalami kanker ganas pada ginjal sebelah kanan, sehingga harusmenjalani operasi pengangkatan untuk menyelamatkan nyawanya pada Juli2011.

Operasi yang dilakukan di Royal Gwent Hospital iniseharusnya tidak terlalu slit dilakukan. Namun yang terjadi, tak lamasetelah operasi nyawa Francis tidak tertolong dan langsung dinyatakanmeninggal akibat perdarahan parah yang terjadi di organ dalam tubuh.

Konsultanurologi yang bertanggung jawab dalam operasi tersebut, Dr Adam Cartermengakui adanya kesalahan prosedur. Dalam oeprasi tersebut, iamengizinkan seorang dokter magang untuk mengangkat ginjal namunakhirnya salah membedakan ginjal dengan hati.

Karena belum cukuppercaya diri, dokter magang itu sempat meminta Dr Carter untukmengambil alih operasi. Dalam pergantian itulah terjadi salahkoordinasi, lalu tiba-tiba ahli anestesi mengatakan bahwa tekanan darahpasien mendadak turun drastis.

Sedikitnya 2 orang ahli bedahsenior langsung dipanggil untuk mengatasi keadaan ini, namun hasilnyasia-sia. Darah yang keluar dari hati yang sudah sobek terlalu banyaksehingga Francis harus meregang nyawa dan dinyatakan meninggal beberapasaat kemudian.

Namun untungnya, kesalahan ini bisa dimaklumioleh keluarga pasien. Anak Francis, Alan (52 tahun) menghargaikejujuran Dr Carter yang langsung menginformasikan kesalahan tersebutberikut upaya-upaya yang telah dilakukan untuk mengatasinya meskiakhirnya gagal.

"Kami telah menyetujui tindakan tersebut danmenghargainya sebagai upaya untuk menyelamatkan nyawa ibu saya. Sayamenghargai kejujurannya dan berharap semoga di masa mendatang ia bisamelakukan lebih banyak operasi yang berhasil," kata Alan sepertidikutip dari Dailymail.

Di seluruhdunia, jumlah penderita kanker ginjal seperti halnya Francis cenderungmeningkat. Pada laki-laki, jumlah penderitanya naik 100 persen dalam 40tahun terakhir sementara pada perempuan jumlahnya mengalami peningkatanlebih besar yakni 130 persen.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Butuh Jasa Ini ?