Headline Hari ini

PHP 5 Session

Ketika kita bekerja dengan sebuah aplikasi, kemudian kita membuka dan kemudian menutup aplikasi tersebut hal ini seperti sebuah session. komputer dapat mengetahui siapa kita. ini diketahui ketika kita memulai dan menutup aplikasi berbasis web. tetapi ada satu problem yaitu pada webserver tidak mengetahui siapa kita dan dari mana kita berasal, ini dikarena pada alamat HTTP tidak dapat menyimpan posisi yang ada sebelumnya.

Pada PHP hal yang seperti kejadian sebelumnya dapat diselesaikan dimana seluruh informasi yang dilakukan pada server memungkinkan hal itu dapat tersimpan contoh username, daftar penjualan dan lain sebagainya. kita dapat menggunakan fungsi session yang terdapat pada PHP. bagaimanapun, informasi yang terdapat pada session hanya bersifat sementara dan akan dihapus ketika user meninggalkan website tersebut.

Session bersifat uniq dari setiap pengunjung. jadi seandainya pengunjung bernama "afdel" maka session yang di miliki afdel adalah 1 dan selanjutnya begitu. uniq id akan di kirim dan disimpan pada cookies atau pada URL.
A. Memulai PHP SESSION
Sebelum kamu dapat menyimpan informasi pada session yang ada di php, terlebih dahulu jalankan session. dengan menggunakan session_start().
Script Sample :




page display.........


script diatas akan mendaftarkan session dari pengguna ke server yang memungkinkan informasi tersimpan, dan menetapkan UID (uniq ID) session berdasarkan user tertentu.
B. MENYIMPAN VARIABEL SESSION

Cara yang benar untuk menyimpan dan mengambil variabel session adalah dengan menggunakan variabel $ _SESSION PHP :

Script Sample :
session_start();
// store session data
$_SESSION['views']=1;
?>


//retrieve session data
echo "Pageviews=". $_SESSION['views'];
?>



Output :
Pageviews=1

Sekarang kita akan mencoba membuat sebuah script php view-page counter sederhana. untuk script terlihat dibawah ini :

Script Sample :
session_start();

if(isset($_SESSION['views']))
$_SESSION['views']=$_SESSION['views']+1;
else
$_SESSION['views']=1;
echo "Views=". $_SESSION['views'];
?>

pada isset() function digunakan untuk memeriksa apakah variabel view telah di set kedalam nilai. misal view set bernilai 1. jika views telah diset, maka kita dapat melakukan increment dari counter. misal 1..2..3...4. dst. sedangkan jika views tidak ada sebelumnya, kita membuat sebuah variabel views dan mensetnya menjadi 1.
C. MENGHAPUS SESSION
Untuk menghapus sesi yang telah tersimpan dapat kita lakukan dengan menggunakan unset() atau session_destroy()

unset($_SESSION['views']);
?>
Atau menggunakan :
session_destroy();
?>
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Butuh Jasa Ini ?