Headline Hari ini

Tentara Muda Ini di Balik Bocoran WikiLeaks

Tampilan Laman WikiLeaks

Selama beberapa waktu Amerika Serikat dibuat kebakaran jenggot oleh bocoran-bocoran informasi yang dimuat pada situs WikiLeaks.org. Pemerintah Amerika Serikat terus menyelidiki siapa yang membocorkan dokumen-dokumen super rahasia ke WikiLeaks.

Tampaknya, pertanyaan ini mulai terjawab setelah seorang analisis intelijen Angkatan Darat AS menjadi tersangka. Bradley Manning, begitu nama si pembocor itu adalah seorang tentara muda. Usianya baru 23 tahun.

Dikutip dari Reuters, Manning tampil pertama kali di ruang sidang di Fort Meade, Maryland, pada Jumat 16 Desember 2011 waktu setempat untuk menerima dakwaan dari jaksa militer. Dia dituduh membantu musuh dengan ancaman penjara kurungan seumur hidup.

Mengenakan seragam militer lengkap, Manning hanya menjawab singkat pertanyaan hakim.  Dia sesekali mencatat saat dakwaan dibacakan. Lantas menjawab,"Ya Pak," saat petugas penyidik menanyakan apakah dia mengerti tuduhan yang dibacakan. Jaksa mendakwa dia dengan 22 tuduhan kriminal.

Jika terbukti bersalah, Manning akan menghabiskan sisa hidupnya di balik bui, plus dipecat dari militer. Diberitakan sebelumnya, WikiLeaks milik Julian Assange mengunggah ratusan ribu kabel diplomatik yang sangat sensitif milik AS, termasuk perang di Afganistan. Beberapa rahasia AS ini bahkan menyerempet kepentingan Indonesia dan negara-negara lain.

Sumber : vivanews.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Butuh Jasa Ini ?