Headline Hari ini

Sering Lupa Nama Kenalan? Ini Tipsnya

 
Memiliki masalah mengingat nama kenalan? Ini tentu menyebabkan situasi canggung ketika harus berkomunikasi dengan seseorang yang sebenarnya Anda kenal, namun Anda tak mampu mengingat namanya.

Pakar memori Tony Buzan, pendiri World Memory Championships, mengatakan, awalnya, nama dirancang secara sederhana agar mudah untuk diingat.

Namun, untuk mengingat nama seseorang di masa kini, Anda perlu mendalami kembali konsep gambar dan asosiasi. "Anda harus membuat gambar yang menarik di kepala Anda yang berhubungan dengan orang baru Anda temui." katanya, seperti dikutip dari Daily Mail.

Lalu, gunakan memori tersebut untuk meningkatkan kemampuan mengingat fakta. Berikut adalah lima tip Buzan untuk mengingat nama seseorang.

1. Cari karakteristik khas
Pilihlah karakteristik fisik yang khas dari orang tersebut, lalu coba untuk menghubungkannya dengan nama orang tersebut di kepala Anda.



Misalnya, jika Anda bertemu dengan seseorang bernama mirip dengan salah satu tokoh yang terkenal seperti Gatot, bilang pada diri sendiri bahwa dia adalah Gatot Kaca. "Tapi, Anda harus menjaga aosiasi tersebut untuk diri sendiri dan tetap di dalam pikiran Anda," ujarnya.

2. Mengasosiasi nama dengan gambar
Pilih fitur yang membedakan seseorang, hubungkan nama dengan pekerjaan atau ingat bagaimana mereka berbicara. Atau, buat catatan di dalam otak Anda tentang detail wajah mereka, tingkah laku mereka, suara, parfum, atau apapun yang menonjol dari mereka.

Dengan memperhatikan karakteristik multi-indera seseorang dan menghubungkan mereka dengan nama, Anda sedang menciptakan asosiasi yang lebih dalam di otak Anda dan memperkuat memori.

Misalnya, jika Anda bertemu dengan seorang bernama Arthur, mungkin Anda bisa bayangkan dia sebagai King Arthur. Beberapa orang suka teknik ini.

3. Ulangi namanya
Jika Anda diberitahu sebuah nama, ucapkan kembali nama tersebut. Anda bisa menanyakan apakah pengucapan Anda benar. Pengulangan adalah kunci untuk memori yang baik. Nama tersebut pun akan membekas lebih dalam dalam bank memori Anda.

Jika nama tersebut sangat mudah untuk diucapkan, Anda dapat berpura-pura tidak mendengarnya dan meminta orang tersebut mengulangnya kembali.

Setelah percakapan berakhir, pastikan untuk menyebut nama mereka ketika Anda mengucapkan selamat tinggal. Ini tidak hanya sebuah teknik memori, tetapi juga trik sosial yang baik.

"Meski demikian, jangan mengulang nama mereka terlalu sering. Tidak lebih dari tiga kali adalah aturan praktis. Jika tidak, Anda akan tampak aneh," katanya.

4. Ajukan pertanyaan atau komentar 
 Setelah berkenalan atau menerima kartu namanya, segera berikan komentar. Misalnya: "Kimi? Nama yang menarik!" atau eja namanya dengan kalimat, "Ejaan yang sangat menarik, Re-beck-a."

Membicarakan soal ejaan nama membantu Anda mendapatkan gambaran visual dari huruf-huruf yang membentuk namanya. Atau, jika mereka memiliki nama menarik, Anda bisa bertanya arti namanya.

Dan ingat, ide ini untuk meningkatkan memori Anda terhadap nama dan wajah, bukan untuk membuat seseorang tidak nyaman berbicara dengan Anda. Pilih teknik dengan bijak dan di waktu yang tepat.

"Tentu saja ini hanya akan bekerja jika mereka memiliki nama yang tidak bisa." ujar Buzan.

5. Nutrisi otak
 "Meningat nama bukan hanya memerlukan latihan otak, tetapi juga kombinasi dari diet, aktivitas fisik, dan permainan memori," ujarnya.

Untuk mendapatkan kekuatan memori yang baik, selalu jaga pola makan dan tambahkan suplemen minyak ikan pada asupan Anda. Di dalam tubuh yang sehat, tentu ada pikiran yang sehat.

sumber: http://kosmo.vivanews.com/news/read/271465-sering-lupa-nama-orang--coba-trik-ini
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Butuh Jasa Ini ?