Headline Hari ini

Terbakar, Pohon Berusia 3.500 TH Musnah

Api yang disulut orang tak bertanggung jawab membakar pohon berusia 3.500 tahun, yang dikenal dengan nama The Senator.


Pohon The Senator

Pemadam kebakaran mengatakan, pohon sejenis cemara (cypress) itu, salah satu yang tertua di dunia, terbakar di Florida tengah, Senin pagi 16 Januari 2012. waktu setempat

Api merambat melalui bagian pohon yang berlubang, hingga ke atas pohon setinggi 36,5 meter. Api yang garang membuat pohon itu tak lagi mampu berdiri, ia tumbang tiga jam setelah api pertama menyala. Saat ini pihak keamanan sedang melakukan penyelidikan, mencari tersangka yang menyulut api.

Mobil pemadam kebakaran kesulitan mencapai pohon yang terletak di Big Tree Park, Longwood. Pemadam harus menarik selang hampir satu mil untuk mencapai The Senator. Pohon tua itu adalah pusat taman itu, diyakini yang tertua dari jenisnya di Amerika Utara, atau pohon kelima paling uzur di muka bumi.

Pohon itu dinamai The Senator, merujuk pada nama Senator M.O. Overstreet, yang menyumbangkan tanah tempat di mana pohon itu berdiri ke Seminole County pada 1927.

Juru bicara pemadam kebakaran Seminole, Steve Wright kepada Orlando Sentinel mengatakan, pohon yang terbakar selama beberapa jam, api dari dalam ke luar melalui lubang-lubang, menciptakan efek mirip cerobong asap.

Para pemadam datang ke lokasi kejadian pukul 05.50 waktu setempat, menarik selang di antara pepohonan. Awalnya, petugas menduga, asal api berasal dari kebakaran semak yang menyebar ke pohon. Namun, polisi kehutanan menduga, ranting-ranting dan pecahan kayu ditumpuk di dekat pangkal batang pohon, lalu dibakar.

"Dari pengamatan saya, diduga kuat ada orang yang sengaja membakarnya," kata Mike Martin. "Sebab, api terkonsentrasi tepat di mana pohon berada,"

Beberapa tuna wisma diketahui sering berada di dekat taman tersebut. Ada juga dugaan api disulut orang yang ingin menghangatkan diri.

Segala usaha yang dilakukan pemadam sia-sia, meski dibantu helikopter kepolisian yang terus menerus menyiramkan air ke atas pohon.

Musnahnya The Senator menjadi keprihatinan warga. "Ini lebih dari sekedar bencana. Pembakarnya akan mendapat balasan dari Tuhan," kata salah satu warga, Laura Renfree.

Padahal tak mudah bagi sebuah pohon untuk bertahan sampai ribuan tahun. Pada tahun 1925, The Senator bertahan dari angin topan.

Kini, posisi The Senator sebagai pohon tertua di dunia digantikan The Patriach yang tumbuh di Atlantic Forest, Brazil. Usianya sekitar 3.000 tahun.

Lalu, apa pohon tertua di dunia? Juaranya dipegang oleh Methuselah, pohon jenis pinus di Inyo County, California. Usianya 4.842 tahun.

Share it!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Butuh Jasa Ini ?