Headline Hari ini

Sarapan Sebaiknya 30 Menit Setelah Bangun Tidur

Sarapan penting bagi kesehatan tubuh karena bisa memberikan asupanenergi untuk beraktifitas. Ternyata seseorang disarankan sarapanminimal 30 menit setelah bangun tidur agar sistem pencernaan siapmenerima makanan.

Ketika seseorang sarapan maka ia akan membantutubuh untuk meningkatkan asupan energi serta menurunkan berat badan.Hal ini karena mengurangi jumlah asupan kalori berlebihan tanpa harusmelewatkan waktu makan.

Beberapa ahli merekomendasikan seseoranguntuk sarapan dalam waktu 30 menit setelah i abangun tidur untukmembantu meningkatkan sistem metabolisme, seperti dikutuip dari Livestrong.

Sementaraitu personal trainer Shaun Horner menuturkan jika tidak memungkinkanseseorang bisa sarapan 1 jam setelah ia bangun tidur. Hal ini karenasemakin lama seseorang menunda sarapan, maka semakin besar risiko iamemperlambat metabolisme yang memicu kelaparan dan kekurangan makan.

Sarapanmerupakan hal yang penting karena menurut American Journal of ClinicalNutrition menemukan orang yang sering melewatkan sarapan memiliki kadarkolesterol yang lebih tinggi. Serta sarapan terbukti memperbaikisuasana hati dan konsentrasi.

Beberapa makanan tertentu akanlebih menguntungkan jika dikonsumsi saat sarapan yaitu satu atau 2porsi buah dan makanan tinggi serat seperti roti gandum atau serealtinggi serat yang bisa mengoptimalkan kesehatan dan energi.

Selainitu menambahkan sumber protein yang rendah lemak seperti putih telur,yogurt atau daging kalkun yang dikonsumsi saat sarapan juga membantumeningkatkan daya tahan.

Namun keadaan tertentu mungkinmengharuskan seseorang untuk menunda sarapan berat, misalnya jika inginmelakukan olahraga agar tidak terjadi kram dan membakar lemak yanglebih tinggi.


Sumber : Detikhealth.com


 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Butuh Jasa Ini ?