Headline Hari ini

8 Jenis Olahraga yang Dapat Meredam Rasa Sakit

Ketika penyakit sedang menghampiri tubuh, kita seperti menemukan alasanuntuk berhenti berolahraga. Padahal, sebenarnya olahraga bisamengurangi rasa sakit dan meningkatkan kualitas hidup.

Memangberolahraga ketika sakit tidak mudah. Akan tetapi, kabar baiknya adalahAnda tidak perlu melakukan olahraga berat. "Banyak hal yang bisadilakukan untuk menggerakkan tubuh. Olahraga bukan cuma bisa mengurangipersepsi akan sakit, tapi juga mencegah berkurangnya fungsi tubuh,"kata Perry Fine dari American Pain Foundation.

Sebelumberolahraga, sebaiknya Anda memang berkonsultasi dulu dengan dokterAnda. Berikut jenis olah fisik apa saja yang dapat membantu Andabergerak.

1. Jalan kaki
Ini merupakan jenis olahraga low impactyang mudah dilakukan dan memiliki kemampuan meningkatkan kemampuanfisik dengan baik. Selain itu, biasanya olahraga ini bisa dilakukansiapa saja. Hanya sedikit kondisi gangguan fisik yang bisa membuatseseorang tidak bisa melakukan olahraga murah ini.

2. Berenang
"Berenangsangat baik untuk mereka yang menderita osteoartritis serta penyakitotot dan persendian," kata Dr Fine, profesor dari Univeristy of UtahSchool of Medicine. Berenang dan olahraga air lain melawan gravitasisehingga tidak berbahaya untuk persendian.

3. Yoga
Kegiatanolah napas dalam olahraga yoga efektif untuk mengurangi sakit kronikseperti halnya olahraga lain. Akan tetapi, tidak semua gerakan dalamyoga bisa dilakukan oleh orang yang sedang sakit.
 
"Ada gerakanyoga yang melibatkan tulang belakang dan sendi lainnya sehinggaberpotensi cidera. Lakukan saja gerakan yang nyaman dan sesuaikemampuan. Tidak perlu memaksa melakukan gerakan yang biasa Andalakukan ketika sedang sehat," kata Steven Calvino, ahli rehabilitasimedik.

4. Taichi
Tidak ada istilah terlalutua untuk melakukan jenis olahraga ini. Selama Anda masih mampubergerak, meski sedikit, Anda tetap bisa melakukan olahraga yangmenyelaraskan tubuh dan pikiran ini.

Penelitian yang dilansir dalam New England Journal of Medicinebelum lama ini menyebutkan, taichi yang dilakukan dua kali dalamseminggu akan mengurangi nyeri, kekakuan, serta kelelahan yang dialamipasien fibromyalgia. Olahraga ini juga meningkatkan kekuatan dan keseimbangan tubuh.

5. Peregangan Ringan
Anda bisa melakukan aktivitas ini di tempat tidur atau ruang tunggu. Ada ribuan jenis peregangan yang bisa Anda lakukan.

6. Olahraga Beban
Latihanbeban sangat dianjurkan, terutama untuk mereka yang menderita rematik.Olahraga ini akan menguatkan sendi di sekitar bagian yang cedera. Untukmemulainya, Anda bisa menggunakan kaleng sardin atau botol air mineralukuran kecil. Secara bertahap, tambah beban Anda.

7. Hubungan Seks
Perasaanintim dan terhubung dengan pasangan bisa membantu orang yang sedangmenderita sakit. "Olahraga dan seks yang sehat adalah dua hal yangpenting untuk mengurangi sakit," kata Fine.

8. Golf
Aktivitasini akan memberikan manfaat seperti halnya ketika Anda melakukanolahraga berjalan kaki. Akan tetapi, olahraga ini tidak disarankanuntuk mereka yang menderita nyeri tulang belakang. Golf juga disarankanuntuk dikombinasikan dengan latihan kekuatan dan peregangan.



Sumber : Kompas.com




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Butuh Jasa Ini ?