Headline Hari ini

Film Animasi 'Tintin' Roketkan Animator Indonesia [video]



Siapa bilang animator Indonesia tak mampu berbicara di industri film dunia? Stereotype ini sukses didobrak ketika melihat 'The Adventures Of Tintin' yang merebut Golden Globe Awards 2012 di kategori film animasi terbaik. Putra-putri Indonesia berada di balik kesuksesan film garapan Steven Spielberg itu. Salut!

Salah satu animator yang turut ambil bagian dalam menghidupkan karakter TinTin dan anjing lucunya, Snowy, tersebut adalah Rini Sugianto. Dalam perbincangan dengan detikcom beberapa waktu lalu, Rini menyebut ada beberapa orang Indonesia lagi yang juga terlibat.

Rini merupakan karyawati Weta Digital, perusahaan yang bergerak di bidang animasi film. Ada sekitar 800 orang yang bekerja di perusahaan ini dimana 3 orang di antaranya adalah orang Indonesia.

"Dua orang Indonesia lainnya yang terlibat di Tintin adalah Sindharmawan Bachtiar dan Eddy Purnomo. Kita beda departemen sih. Lalu ada satu lagi Amanda Pamela, tapi saya nggak tahu dia ikutan di TinTin atau tidak," ucap Rini, kala itu.

Menurut dia, Sindharmawan dan Eddy Purnomo sudah lebih dulu bekerja di Weta. Sedangkan Rini sendiri baru bergabung di perusahaan tersebut pada 2011 ini.

Alumnus master dari Academy of Arts di San Francisco, California, ini senang bisa berpartisipasi 'melahirkan' film Tintin. Bagi Rini, Tintin adalah pengerjaan karakter animasi pertamanya.

"Senang banget. Sebulan setelah itu, kita nonton bareng-bareng di teater dan saya melihat nama Rini di big screen. Waktu itu hampir kelewatan, tapi lalu ditunjukkan oleh seorang teman," kenang perempuan yang hobi fotografi, travelling dan climbing ini.

Ya, Steven Spielberg boleh saja dieluk-elukan telah sukses mengembalikan kejayaan karakter Tintin dengan berhasil meraih penghargaan di ajang Golden Globe Awards 2012. Namun patut diingat, Indonesia juga pantas berbangga dengan peran para animator handalnya di film tersebut.

Sebelum merebut film animasi terbaik, 'The Adventures Of Tintin' sendiri mengalahkan 'Arthur Christmas', 'Cars 2', 'Puss In Boots' dan 'Rango'.

'The Adventures Of Tintin' dirilis pada Desember lalu. Hingga saat ini, film itu sudah meraup pendapatan hingga USD 346 juta.

Share it!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Butuh Jasa Ini ?