Headline Hari ini

Tahukah Kamu? Orang yang Sering Buka Internet Cenderung Panjang Umur


img
Seseorang yang kecanduan internet biasanya jarang bergerak, kurangtidur dan matanya gampang iritasi. Namun menurut penelitian di Italia,dalam kondisi tertentu sering buka internet justru bisa membuatseseorang berumur lebih panjang.

Penelitian yang dilakukan Dr Americo Bonanni dari Sacred Heartdi Roma, Italia itu mengungkap bahwa orang-orang yang selalu terhubungdengan internet cenderung jarang sakit. Meski kadang-kadang kuranggerak, diet atau pola makannya cenderung lebih sehat.

Pola makanyang dimaksud adalah konsumsi buah-buahan dan ikan segar, yang seringdisebut dengan istilah Diet Mediterania. Jenis diet yang banyakdirekomendasikan para ahli gizi ini sejak lama diyakini baik untukmenjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Selain mengurangirisiko stroke dan serangan jantung, Diet Mediterania juga efektifmengurangi risiko kanker karena buah-buahan banyak mengandungantioksidan. Kalori dalam buah dan ikan segar juga lebih rendahdibanding makanan lain, sehingga lebih aman dari risiko kegemukan.

"Hasilpengamatan terhadap 1.000 orang menunjukkan, orang yang sering terpaparinformasi cenderung hidup dengan pola makan yang lebih sehat," kata DrBonanni yang mempublikasikan penelitian tersebut di International Journal of Public Health, seperti dikutip dari Dailymail.

Daripernyataan ini bisa disimpulkan, tidak semua jenis aktivitas yangdilakukan di internet bisa memberikan manfaat hidup sehat. Internethanya menyeharkan jika dipakai untuk mengakses informasi, bukan untukmenghabiskan waktu berjam-jam dengan bermain game online.

Olehkarena itu, Dr Bonanni menambahkan bahwa efek serupa juga diperolehketika orang sering membaca koran atau menonton berita di televisi.Alasannya adalah, media massa pada saat ini makin banyak menyajikaninformasi kesehatan sehingga sangat efektif untuk penyampaian pesan.

Meskiberhubungan dengan diet yang sehat, tidak bisa dipungkiri bahwapenelitian terdahulu banyak mengaitkan internet dengan gaya hidupsedentary atau jarang olahraga. Akibatnya, tidak sedikit para pecanduinternet yang bermasalah dengan kegemukan dan berbagai komplikasinyatermasuk sakit jantung dan diabetes.


Sumber : Detikhealth.com


 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Butuh Jasa Ini ?