Headline Hari ini

Es Cendol, Akhirnya Dunia Mengakuinya Sebagai Minuman Terlejat Dunia

Cendol terbuat dari tepung beras berwarna hijau, yang lumrah tersaji dengan santan, gula merah, dan es batu. Meski tak jelas asal-usulnya, minuman khas nusantara ini menjamur di sejumlah pasar tradisional atau lapak kaki lima.

Dawet atau Cendol

Di Jawa, minuman yang juga akrab dengan sebutan dawet ini bahkan turut menandai prosesi pernikahan adat lewat tradisi 'dodol dawet'. Cendol mengantarkan makna sebagai lambang kebulatan kehendak orangtua untuk menikahkan anak.

Cita rasa tradisional yang masih bertahan, tampaknya turut menambah eksotika es cendol di mancanegara. Menyusul jejak rendang, es cendol masuk dalam daftar 50 minuman terlezat di dunia yang dipublikasikan CNN Go.

Es cendol menempati urusan ke-45 dalam daftar tersebut. Ini bukan satu-satunya minuman asal Indonesia yang masuk dalam daftar. Es kelapa muda juga tertulis sebagai minuman asal Indonesia yang memiliki rasa terlezat di urutan ke-19. Urutan tersebut berdasar poling yang mereka lakukan di situs jejaring sosial.

Kelezatan cendol mampu mengalahkan sejumlah minuman khas dari sejumlah negara seperti Mango Lassi (India), Red Bull (Austria), Yakult (Jepang), Guinness (Irlandia), dan Pina Colada (Puerto Rico). Sementara minuman terlezat pertama adalah air putih (global), disusul kopi (Ethiopia), dan Coca-Cola (Amerika Serikat).
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Butuh Jasa Ini ?