Headline Hari ini

Hot! Mulai 2012, Gita Wirjawan Wajibkan PNS-nya Punya TOEFL 600


Jakarta - Belum seumur jagung menjabat sebagai menteri perdagangan, Gita Wirjawan kembali melakukan gebrakan. Seperti yang ia lakukan sebelumnya di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Gita akan mewajibkan jajaran 'anak buahnya' di kementerian perdagangan memiliki skor TOEFL (Test of English as a Foreign Language) minimal 600.

Hal ini bagian dari rencana aksinya di 2012 dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di kementerian yang ia pegang. Langkah ini, kabarnya membuat resah kalangan PNS di kementeriannya, termasuk jajaran eselon di kementerian perdagangan.

"Polanya sama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)," kata Gita Wirjawan kepada detikFinance, Minggu (1/1/2012)

Untuk tahun 2012 ia akan meningkatkan jumlah pegawai yang menguasai bahasa asing, terutama Bahasa Inggris, melalui pencapaian skor TOEFL di atas 600. Tahap awal akan diberlakukan untuk 1.000 pegawai termasuk pejabat teras atas.

Selain itu ditargetkan ada peningkatan jumlah pegawai berpendidikan S2 dan S3 sebesar 1.500 pegawai dan pelatihan intensif di bidang yang terkait dengan aktivitas perdagangan dalam dan luar negeri.

Menurut sumber detikFinance, kebijakan ini membuat kalangan PNS termasuk beberapa eselon kementerian perdagangan khawatir. Hal ini lagi-lagi mengingatkan kejadian yang sama saat munculnya 'surat kaleng' dari pihak yang mengaku dari pegawai BKPM beberapa waktu lalu. Mereka yang mengaku pegawai BKPM menilai langkah Gita dianggap berlebihan

"Sejak Bapak Gita Wiryawan menjabat sebagai kepala BKPM, terjadi penerapan standar penilaian kinerja karyawan, yang tidak terkait
dengan tujuan mewujudkan pelayanan investasi yang cepat, mudah, murah dan transparan, antara lain kewajiban standar penguasaan bahasa Inggris bernilai TOEFL 600 bagi karyawan, yang terlalu berlebihan," jelas kutipan surat kaleng itu.

Share it!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Butuh Jasa Ini ?